Senin, 12 April 2010

Evaluasi Pembelajaran Kimia

A.RUBRIK PENILAIAN NON TES (KINERJA PELAKSANAAN PRAKTIKUM)
Penilaian kinerja adalah penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Penilaian biasanya digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam berpidato, pembacaan puisi, diskusi, pemecahan masalah, partisipasi siswa dalam diskusi, menari, memainkan alat musik, aktivitas olahraga, menggunakan peralatan laboratorium, mengoperasikan suatu alat, dan aktivitas lain yang bisa diamati atau di observasi.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penilaian kinerja adalah sebagai berikut :
  • Identifikasikan semua aspek penting
  • Tuliskan semua kemampuan khusus yang diperlukan
  • Usahakan kemampuan yang akan dinilai dapat teramati dan tidak terlalu banyak
  • Urutkan kemampuan yang akan dinilai berdasarkan urutan yang akan diamati
  • Apabila menggunakan rating scale perlu menyediakan kriteria untuk setiap pilihan (misalnya : baik apabila ......, cukup apabila ......, kurang apabila ......)
a. Kriteria Penskoran
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Baik sekali, jika cara-cara penggunaan alat yang dilakukan dengan sangat tepat
Baik, jika cara-cara penggunaan alat yang dilakukan dengan tepat
Cukup, jika cara-cara penggunaan alat yang dilakukan kurang tepat
Kurang, jika cara-cara penggunaan alat yang dilakukan tidak tepat

b. Kriteria Penilaian
Skor minimum = 1 x 10 (aspek yang dinilai) = 10
Skor maksimum = 4 x 10 (aspek yang dinilai) = 40
Kategori kriteria = 4
Rentang nilai = = 7,5 8
Sehingga penilaian =
A dengan skor 34-40
B dengan skor 26-33
C dengan skor 18-25
D dengan skor 10-17

B. PENILAIAN URAIAN BEBAS

Bentuk instrumen ini dapat dipakai untuk mengukur kemampuan siswa dalam semua tingkat ranah kognitif. Kaidah penulisan instrumen bentuk uraian bebas adalah :
a. menggunakan kata-kata seperti mengapa, uraikan, jelaskan, bandingkan, tafsirkan, hitunglah dan buktikan.
b. menghindari penggunaan kata-kata yang dapat ditafsirkan ganda.
c. menggunakan bahasa yang baku.
d. membuat petunjuk mengerjakan soal.
e. membuat kunci jawaban.
f. membuat pedoman penskoran.

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan penurunan tekanan uap, kenaikan
titik didik, penurunan titik didih beku larutan dan
tekanan osmotik termasuk sifat koligatif larutan.
Kelas / Program : XII/IPA
Semester : 1 (satu)




DAFTAR PUSTAKA

Ernavita. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta:
Direktorat Pendidikan Menengah Umum Depdiknas.

Muslich, M. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.
Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar